Les Persiapan Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) dan Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI)

Les Persiapan Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) dan Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI)

SERTIFIKASI DOSEN (SERDOS)

Sertifikasi dosen adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk dosen. Sertifikasi dosen bertujuan untuk (1) menilai profesionalisme dosen guna menentukan kelayakan dosen (2) melindungi profesi dosen sebagai agen pembelajaran di perguruan tinggi, (3) meningkatkan proses dan hasil pendidikan dan (4) mempercepat terwujudnya tujuan pendidikan nasional. Sertifikat pendidik yang diberikan kepada dosen melalui proses sertifikasi adalah bukti formal pengakuan terhadap dosen sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi. Sertifikasi pendidik dilaksanakan melalui uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat pendidik. Uji kompetensi ini dilakukan dalam bentuk penilaian portofolio, yang merupakan penilaian pengalaman akademik dan profesional dengan menggunakan portofolio dosen. Penilaian portofolio dosen dilakukan untuk memberikan pengakuan atas kemampuan profesional dosen.

Proses sertifikasi dosen  memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yaitu tatalaksana Serdos terintegrasi menggunakan aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER).Penyelenggaraan Program Serdos sejak tahun 2017 berbasis on-line dan integrasi data dosen untuk mendukung pengembangan karir dosen dan nilai-nilai budaya akademik serta kejujuran dalam rangka pendidikan karakter di perguruan tinggi. Penilaian kontribusi dilakukan terhadap pengembangan Tridharma dan kompetensi dasar dosen meliputi kompetensi sosial yang ditunjukkan oleh kemampuan berbahasa Inggris, potensi akademik, dan publikasi ilmiah. Serdos tahun 2017 tetap mengikuti ketentuan Serdos sebelumnya, namun mengalami penyempurnaan dalam hal tahapan penilaian. Pada tahun 2017, dosen yang telah ditetapkan menjadi DYS (D4) akan dinilai oleh Penilai Persepsional dan Penilaian Empirik (penilaian gabungan) yang dilakukan sebelum DYS menyusun Deskripsi Diri. Apabila DYS memenuhi persyaratan minimal nilai gabungan, maka selanjutnya DYS berhak untuk menyusun Deskripsi Diri (D5), yang akan dinilai oleh Asesor di PTPS. Sedangkan sejak tahun 2019 ada pembaharuan dalam aspek aplikasi yang digunakan, yaitu sebagai pangkalan data dosen peserta sertifikasi dosen (D1, D3 D4 dan D5) dan seluruh penyusunan serta penilaian instrumen/borang sertifikasi dosen menggunakan aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi). Penggunaan SISTER juga dimaksudkan sebagai upaya terintegrasinya pembinaan karir sumberdaya di bawah Kementerian. Lebih lanjut, diharapkan dapat memberikan edukasi nasional dalam menegakkan prinsip kejujuran dan akuntabilitas melalui penggunaan sistem sertifikasi secara onlinebagi sivitas akademika di perguruan tinggi.

Lembaga Bimbingan Belajar EINSTEIN memberikan Layanan Bimbingan Privat TKDA dan TKBI. Sertifikat Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) dan Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) adalah 2 syarat yang diwajibkan pada Sertifikasi Dosen.

## Tips Mengerjakan TKDA dan TKBI untuk Sertifikasi Dosen (Serdos) dengan LBB Privat EINSTEIN :

Menghadapi ujian TKDA (Tes Kemampuan Dasar Akademik) dan TKBI (Tes Kemampuan Bahasa Inggris) untuk sertifikasi dosen (Serdos) bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan persiapan yang tepat dan strategi yang baik, Anda dapat menghadapinya dengan percaya diri. Berikut adalah beberapa tips dari LBB PrivatEINSTEIN untuk membantu Anda sukses dalam ujian ini.

### 1. Pahami Format Ujian

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami format ujian TKDA dan TKBI. TKDA biasanya terdiri dari tiga bagian utama: tes verbal, tes numerik, dan tes logika. Sementara itu, TKBI menguji kemampuan bahasa Inggris Anda, termasuk pemahaman bacaan, tata bahasa, dan kosakata[10].

### 2. Buat Jadwal Belajar yang Realistis

Mengembangkan jadwal belajar yang realistis adalah langkah awal yang penting. Hindari belajar dengan sistem kebut semalam (cramming) dan sebarkan sesi belajar Anda selama beberapa minggu. Gunakan kalender, planner, atau aplikasi untuk membantu Anda tetap pada jalur[1][5].

### 3. Persiapan yang Terarah

Identifikasi materi yang akan diujikan dan fokus pada topik yang memiliki bobot lebih besar. Gunakan soal-soal ujian sebelumnya, catatan kelas, dan panduan belajar untuk membantu Anda mempersiapkan diri secara efektif. Latihan soal dan tes simulasi dapat membantu Anda memahami pola soal dan tingkat kesulitan ujian[1][2]

### 4. Belajar Secara Aktif

Alih-alih hanya membaca pasif, cobalah untuk belajar secara aktif. Buat catatan, rangkum konsep-konsep penting, buat visualisasi, dan ajarkan materi tersebut kepada orang lain. Flashcards dan mnemonik dapat membantu mengingat fakta, tanggal, dan definisi. Menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada melalui perbandingan, metafora, dan contoh dapat meningkatkan pemahaman[1][5].

### 5. Atasi Area yang Lemah

Identifikasi area yang masih lemah dan fokus untuk memperbaikinya. Pecah konsep yang kompleks, minta penjelasan tambahan dari pengajar, atau belajar bersama teman. Mengatasi kelemahan dan meningkatkan keterampilan yang paling lemah akan meningkatkan performa Anda saat ujian[1][2].

### 6. Latihan dengan Soal Ujian Sebelumnya

Berlatih dengan soal-soal ujian sebelumnya sangat bermanfaat untuk persiapan ujian. Ini memberikan latihan yang realistis dan menilai performa Anda di berbagai topik. Cobalah untuk mengerjakan soal-soal tersebut dalam kondisi yang mirip dengan ujian sebenarnya untuk meningkatkan kecepatan, akurasi, dan manajemen waktu[1][2][3].

### 7. Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam

Belajar dengan sistem kebut semalam dapat membebani otak dengan informasi yang berlebihan dalam waktu singkat, yang mengakibatkan pemrosesan yang suboptimal dan retensi yang buruk. Sebaliknya, buatlah rencana belajar yang realistis dengan revisi yang teratur selama beberapa minggu[1][5].

### 8. Ambil Istirahat Secara Teratur

Persiapan ujian yang intensif bisa sangat melelahkan secara mental. Ambil istirahat singkat setiap 45-60 menit untuk menyegarkan tubuh dan otak. Istirahat yang cukup, makanan sehat, dan banyak minum air akan menjaga energi dan produktivitas Anda selama persiapan ujian[1][5].

### 9. Jaga Kesehatan dan Kondisi Fisik

Kesehatan fisik dan mental sangat mempengaruhi performa Anda saat ujian. Pastikan Anda cukup istirahat, makan makanan bergizi, dan berolahraga secara teratur. Teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga dapat membantu mengurangi stres[2][5].

### 10. Tetap Positif dan Termotivasi

Sikap positif terhadap ujian sangat penting. Anggap ujian sebagai kesempatan untuk menunjukkan pengetahuan Anda, bukan sebagai ancaman. Percayalah pada kemampuan Anda dan terus bekerja keras menuju tujuan Anda. Praktikkan self-talk positif dan visualisasikan kesuksesan untuk meningkatkan kepercayaan diri[1][5].

### Kesimpulan

Menghadapi ujian TKDA dan TKBI untuk sertifikasi dosen memang memerlukan persiapan yang matang. Dengan mengikuti tips dari LBB Privat EINSTEIN, Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses. Jangan lupa untuk tetap tenang dan percaya diri saat menghadapi ujian. Selamat belajar dan semoga sukses!

Citations:
[1] https://naischool.com/tackling-exams-effective-study-strategies-for-students/
[2] https://cyberleninka.ru/article/n/effective-exam-preparation-strategies-for-students/pdf
[3] https://woasjournals.com/index.php/ijitas/article/download/29/21/111
[4] https://woasjournals.com/index.php/ijitas/article/view/29
[5] https://www.latrobe.edu.au/students/study-resources/learning/achieve/exam-prep
[6] https://jurnal.saburai.id/index.php/JAMS/article/download/733/540
[7] https://languagecenter.unj.ac.id/2023/02/15/pelatihan-bahasa-inggris-program-tkbi-serdos/
[8] https://www.lpb.iairm-ngabar.ac.id/?p=178
[9] https://bsdm.unas.ac.id/2023/08/soal-tes-tkbi-dan-tips-lolos-passing-grade/
[10] https://bsdm.unas.ac.id/en/2022/08/tips-mengerjakan-tkda-dan-tkbi-untuk-sertifikasi-dosen-serdos/

Untuk mendapatkan Info lengkap tentang Bimbingan Privat Sertifikasi Dosen (Serdos)
Segera hubungi LBB EINSTEIN (Bunda Wati)
kami 24 jam nonstop Telepon / WA :

0856.313.4400 (Bunda Wati),

Segera hubungi kami, Les Privat Surabaya LBB EINSTEIN

 

Segera, Jangan sampai ketinggalan !

Alamat LBB EINSTEIN Les Privat Surabaya :
Jl. Dinoyo Tenun V-1 Surabaya-Jawa Timur-Indonesia

 

Website :http://BimbelPrivatSurabaya.com/

 

Berfikir Cemerlang Masa Depan Gemilang !

Kepuasan anda dalam menerima layanan kami adalah tujuan utama kami

Les Persiapan Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) dan Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI)